Tuesday, April 28, 2015

Proyek No.25 : Jangan Kesrut (Asam Uyah)


Oke ini nih, masakan yang bikin saya penasaran. Nggak sengaja saya lihat acara "Selera Asal" di TV One yaitu liputan tentang makanan khas dari Banyuwangi. Saat itu ada masakan yang sedang diliput cara masaknya, namanya "Jangan Kesrut" atau Sayur Kesrut. Karena nontonnya sambil nyuapin si bungsu, akhirnya jadi nggak fokus ke tv. Alhasil, ujug-ujug udah jadi aja tuh masakan dan si pembawa acara dengan nikmatnya menyantap Si Jangan Kesrut ini. Yang bikin saya 'drolling',  sayur ayam pedas a la Banyuwangi ini katanya pedas banget tapi seger. Haduuh, kalo udah yang berbau pedes, mupeng saya nggak bisa disembunyiin. Jadi penasaran pengen bikin sendiri. Sayang, tadi nggak merhatiin bumbunya. Yang sempet keliatan tuh si ibu ngulek bumbunya, trus dimasukin ke ayam yang tengah dimasak. Tapi bumbunya itu lho, saya nggak ngerti. Alhasil, Googling deh.

Ternyata, dinamai "Jangan Kesrut" ini karena setiap orang yang menyantapnya akan narik-narik ingus, srut kesrut, karena kepedesan, makanya dinamai Jangan Kesrut atau Sayur Kesrut. Tapi versi lain menyebutkan kalo istilah Kesrut ini muncul karena orang kebiasaan menghabiskan kuah sayur pedas ini dengan cara dihirup, srut srut, langsung dari mangkuknya. Selain itu, ternyata Jangan Kesrut adalah nama lain dari Sayur Uyah Asam yang termasuk masakan langka di Banyuwangi.

Untuk resepnya mungkin ada beberapa versi, tergantung selera dan kebiasaan masing-masing. Misalnya nih,  ada yang pakai terasi, ada juga yang nggak. Juga bumbunya ada yang direbus dulu lalu diulek tanpa ditumis, ada juga yang diulek mentah lalu ditumis dulu. Terserah aja sih mau ikut yang mana. Tapi yang pasti, harus ada Belimbing Wuluh sebagai penyegar si sayur. Dan bahan utama Jangan Kesrut biasanya adalah ayam, bebek atau daging sapi.

Kalo saya bikinnya yang versi ayam, pake terasi dan bumbunya direbus dulu baru diulek dan ditumis. Maksudnya sih biar keluar minyak cabe-nya dan kuahnya jadi merah membara gitu, hehe. Karena yang diliat di tv kemarin adalah Jangan Kesrut Ayam, maka saya pun membuat Jangan Kesrut dari ayam.

Jadi pertama, rebus ayam dalam panci, beri garam (kalo saya sih selain garam, ditambahin geprekan bawang putih juga, soalnya takut amis). Lalu masukan cabe merah keriting, cabe rawit merah besar dan bawang merah ke dalam rebusan ayam. Cuma numpang ngelayuin aja sih, setelah layu, bumbu tadi diangkat dan diulek bersama sedikit terasi. Uleknya sengaja kasar aja supaya nanti kuahnya terlihat 'meriah', rame banyak cabe-nya, hehe. Setelah itu tumis bumbu sampai wangi dan masukan ke dalam rebusan ayam yang tadi. Tambahkan belimbing wuluh dan tomat. Berhubung saya nggak punya belimbing wuluh, saya hanya pake tomat hijau dan tomat merah serta air asam jawa biar terasa asam-nya. Menjelang diangkat, cek rasa dan terakhir beri bawang daun. Selesai deh. 

Hasilnya, huaah sedap! Sensasi asem dan pedasnya segar dan enak banget. Aroma terasi-nya bikin rasanya unik. Nggak salah kalo ada yang bilang Jangan Kesrut ini kayak sayur sop dikasih sambel terasi, hehe. Tapi serius, enak banget pokoknya. Bumbunya sederhana dan bikinnya juga nggak ribet. Kayaknya ceker ayam diolah jadi Jangan Kesrut juga enak. Ntar cobain ah! :) 

Ok, ini dia resep Jangan Kesrut versi saya...


Resep Jangan Kesrut

Bahan :
  • 1 bh ayam, potong sesuai selera
  • 4 bh bawang merah
  • 8 bh cabe merah keriting
  • 10 bh cabe rawit merah (jika ingin tidak terlalu pedas bisa dikurangi)
  • 1 bh tomat, diiris
  • 3-4 bh belimbing wuluh, potong-potong 
  • 1 bh bawang daun, potong-potong
  • 1 sdm garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt terasi

Cara membuat :
  1. Rebus ayam dalam panci, bubuhi garam. 
  2. Masukan cabe keriting, cabe rawit dan bawang merah. Setelah layu, angkat. Ulek bersama terasi.
  3. Tumis bumbu tadi sampai harum lalu masukan ke dalam rebusan ayam. Tambahkan belimbing wuluh dan gula pasir. Aduk. Masak hingga ayam empuk. Cek rasa.
  4. Terakhir tambahkan tomat dan bawang daun. 
  5. Sajikan

Daaan, saya pun akhirnya membuat Jangan Kesrut versi ceker ayam. Bumbunya sama aja, hanya daging ayam saya ganti dengan ceker. Ngolah cekernya sama kayak di resep ceker ayam mercon yang pernah saya tulis. Air rebusan pertama dibuang lalu ganti dengan air baru. Tambahkan garam, geprekan bawang putih dan sereh. Setelah empuk barulah masukin bumbu Jangan Kesrut yang telah ditumis. Masak hingga kuahnya meresap. Terakhir masukan potongan tomat dan bawang daun. Hmm...enak!












No comments:

Post a Comment